aRtikel KeseHataN

AKIBAT SOFT DRINK PADA TUBUH KITA

Soda, pop, cola, soft drink — apapun namanya adalah salah satu dari sekian minuman terburuk yang boleh dikonsumsi oleh tubuh kita.

Kita harus mengetahui seberapa jauh soda dapat mempengaruhi tubuh kita sehingga kita dapat menentukan minuman yang tepat bagi tubuh kita.

SOFT DRINK SANGAT KERAS UNTUK KESEHATAN
Soft drinks mengandung sedikit – bahkan tidak sama sekali – vitamin ataupun nutrisi penting lainnya. Sebaliknya, sebagian besar soft drink justru mengandung banyak masalah seperti:

kafein, karbonat, gula – atau yang lebih parah gula buatan, dan sering juga mengandung bahan-bahan pewarna, perasa, dan pengawet.

Banyak penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi soft drink dalam jumlah banyak, terutama untuk anak-anak, adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan termasuk:

–          gigi berlubang,

–          kekurangan nutrisi,

–          obesitas (kegemukan),

–          diabetes type 2,

–          dan penyakit jantung.

MENGAPA GULA DALAM SOFT DRINK TIDAK BAIK?
Kebanyakan soft drink mengandung gula dalam jumlah yang besar. Rekomendasi USDA (Badan Kesehatan AS)

mengenai kadar gula diet 200 kalori adalah sebanyak 10 sendok teh setiap harinya.

Dan hampir semua soft drink mengandung lebih dari kadar tersebut!


Mengapa mengkonsumsi gula terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan?

Sebagai awal, kita akan berbicara mengenai apa yang terjadi begitu gula memasuki tubuh kita.

Ketika meminum soft drink yang mengandung gula, pancreas akan bekerja dan memproduksi insulin, hormon yang akan membersihkan kandungan gula dalam darah

hingga ke serat dan sel-sel tubuh kita sehingga lebih bermanfaat.

Mengkonsumsi gula terlalu banyak, dapat meningkatkan jumlah insulin.

Tingginya insulin dalam darah yang diatas normal dapat memicu depresi pada sistem kekebalan tubuh, sehingga justru dapat melemahkan kemampuan tubuh kita dalam melawan penyakit.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah bahwa sebagian besar sisa-sisa gula akan berakhir dan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh,

dimana hal ini berakibat naiknya berat badan dan meningkatkan resiko terserang penyakit Jantung dan Kanker.

Sebuah studi menemukan bahwa ketika subyek diberi gula olahan, jumlah sel darah putih meningkat secara signifikan untuk beberapa jam setelahnya.

Studi lain menemukan bahwa tikus percobaan yang diberi gula diet dalam jumlah banyak secara substansial memiliki kecenderungan terkena Kanker Payudara yang lebih tinggi

dibandingkan dengan yang diberi gula diet secara normal.

PENGARUH SODA DIET BAGI KESEHATAN
Kita dapat menyimpulkan bahwa soda diet atau bebas gula adalah pilihan yang lebih baik. Sebuah studi menemukan fakta bahwa meminum soft drink satu atau lebih

dalam sehari meningkatkan hingga 30% berat badan pada sekitar perut dan pinggang.

Soda Diet diberi pemanis buatan seperti Aspartame, Sucralose, atau Saccharin. Pemanis-pemanis buatan ini sangat buruk bagi kesehatan kita.
Saccharine sebagai contoh, terbukti dapat menjadi Carcinogenic, yang dapat menimbulkan kanker usus pada tikus percobaan.
Aspartame, lebih dikenal sebagai Nutrasweet, adalah bahan kimia yang dapat menstimulasi otak bahwa makan tersebut manis.

Aspartame dapat berubah menjadi Acpartic Acid, Phenylalanine, dan Methanol pada temperature 86 derajat Fahrenheit.

Perlu kita ingat bahwa suhu dalam perut kita adalah sekitar 98 derajat Fahrenheit. Sebuah artikel yang dirilis oleh University of Texas menunjukkan Aspartame berkaitan pada obesitas.

Proses stimulasi pada otak menyebabkan keinginan untuk mengkonsumsi yang manis dan memicu kelebihan karbohidrat.

KARBON MENGURANGI KALSIUM
Minuman dengan bubbles (gelembung) mengandung Phosphoric acid, yang dapat mengurangi kadar kalsium dalam darah.

Kalsium adalah komponen kunci dalam pembentukan tulang. Dengan kurangnya Kalsium dalam waktu yang lama dapat melemahkan massa dan kekuatan tulang.

Ini berarti, minum soda dan minuman berkarbon meningkatkan resiko menderita Osteoporosis.

KAFEIN MEMICU STRESS
Jumlah kadar Kafein biasanya tertera di dalam soft drink. Mengkonsumsi Kafein terlalu banyak dapat mengurangi Kalsium tubuh,

Kafein juga dapat menstimulasi system syaraf pusat kita, sehingga justru dapat menyebabkan stress dan insomnia.

Oleh karena itu lupakanlah soft drink, akan lebih sehat kita perbanyak minum air putih, Jus buah,  Chlorophyl 2X Sehari, K- Organic Spirulina dan Teh Rooibos SOD

 Bambang Suhartono
Mitra K-Link IDJTID032903

contact email : bsuhartono@gmail.com ; banx2sathos@yahoo.com


dikutip dari :
Facebook Mitra K-LINK

5 thoughts on “aRtikel KeseHataN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s