Hydro gel

hydro-gel-2.jpg

Hydro Gel sebagai media pengganti tanah untuk tanaman

Sebuah peluang bisnis baru bagi anda pecinta tanaman.

Saat ini banyak sekali orang gandrung terhadap beberapa tanaman yang mempunyai karakteristik tersendiri dan juga mempunyai species bunga dan daun-daun yang unik dan menarik.

Bagi sebagian orang hidup diperkotaan yang padat penduduk,sulit menemukan lahan yang cukup luas dan tanah subur untuk mengekpresikan dan mengembangkan hobinya ini.

Satu penemuan yang boleh dikata baru : ” Hydro Gel” bisa menjawab tantangan ini.

Khusus untuk tanaman dalam ruangan (indoor), hydro gel boleh dibilang alternative baru untuk pecinta tanaman dengan lahan yg terbatas. Kocek yang harus dirogoh dari kantong para pecinta tanaman -pun tidak terlalu jauh beda dengan kalau kita menggunakan media tanah.

 

           Hobi Unik, Menanam dengan Media Hydrogel

              Umumnya, kita mengenal hidroponik hanya menggunakan batu yang mampu menyimpan air, atau tanaman yang menggunakan sistem pengairan yang sudah diatur sedemikian rupa. Tapi kini, anda bisa menanam dengan cara hidroponik yang menggunakan media hydrogel.

              Pada dasarnya hydrogel adalah polymer baik itu

          sintetik (e.g. polyacrylamide and polyvinyl alcohol),

           natural (e.g. alginate and gelatin), atau

           biologi (e.g. collagen and amnion) yg mengandung/dapat menyerap air.

             Hydrogel bisa biodegradable, bisa pula tidak. Karena sifat-sifat ini hydrogel sangat berguna untuk absorbant/water resevoir, immobilisator dan release bahan-bahan tertentu (e.g. obat, pupuk, parfum and vitamin) dan punya prospek untuk tissue engineering. Di beberapa tempat, campuran antara hydrogel dan tanah untuk memperlambat kekeringan air pada tanaman atau untuk maksud pengaturan pemupukan sudah dikembangkan.

           Hydrogel yang kita bahas sekarang adalah senyawa hasil perkembangan di bidang perkebunan yang konon mampu menyimpan 400 kali lipat dari berat air. Karena sifat inilah hydrogel mampu menggantikan media tanah, batu, atau air sekalipun. Selain terlihat lebih indah, menanam dengan menggunakan hydrogel memiliki perawatan yang lebih mudah. Kalau tanaman sudah mampu beradaptasi dengan baik, kita hanya cukup menyemprotnya satu sampai dua bulan sekali saja. Selain itu, hydrogel juga tepat digunakan untuk merangkai bunga potong agar bertahan segar lebih lama.

 Perawatan    Hydrogel


1. Bila sudah sekitar satu bulan terlihat hydrogel menyusut, semprotlah hydrogel dengan air menggunakan handsprayer. Air yang diberikan jangan terlalu banyak sampai dapat menyebabkan genangan pada gelas yang akan mengakibatkan kebusukan pada akar

2. Atau, untuk penambahan air yang lebih sempurna, pisahkan hydrogel Anda dari tanaman, lalu rendam dalam air hangat + 30 menit, sampai kembali mengembang. Sementara tanaman direndam pada air bersih di tempat terpisah. Bila hydrogel Anda terdiri dari campuran lebih dari satu warna, pisahkan ke dalam wadah rendaman yang berbeda. Lalu, tiriskan hydrogel dan siap ditempatkan kembali ke dalam gelas.

3. Hydrogel jangan terlalu sering dipegang atau direndam dalam air, cukup 1 kali dalam kurun waktu 1 sampai 2 bulan saja, agar tidak merusak daya kembang susut hydrogel. Kecuali jika Hydrogel Anda berlumut, maka Anda dapat melakukan langkah no.4 tanpa harus menunggu 1 bulan

4. Bila gelas dan hydrogel terlihat berlumut dan berbau, segera keluarkan hydrogel Anda dan bilas dengan air hangat sampai lumutnya benar-benar hilang, lalu hydrogel dapat digunakan kembali..

5. Usia hydrogel = + 1 tahun. Jika terjadi penyusutan, bisa direndam (s/d mengembang) dan digunakan kembali.
Usia efektif unsur hara hydrogel = + 2 bulan. Setelah itu bisa diberi pupuk tambahan sesuai dosis.Usia warna hydrogel = + 2 bulan. Bisa lebih jika hydrogel tidak terlalu sering dibasuh/direndam dengan air. Jika warna hydrogel terlihat memudar, bisa diwarnai kembali dengan pewarna kue (setelah itu dibilas).  
Perawatan Tanaman
1. Tanaman sesekali dapat disemprot dengan air menggunakan handsprayer pada daunnya saja

2. Apabila daun kotor, bersihkan debu yang menempel dengan menggunakan tissue basah sampai mengkilap

3. Jika tanaman menguning, ada dua kemungkinan. Pertama, tanaman kekurangan zat hara, dapat diatasi dengan pemupukan (lihat langkah no.5). Kedua, tanaman kekurangan cahaya matahari.
Penanggulangannya, gelas berisi hydrogel ditutupi lapisan gelap tak tembus cahaya (misalnya polybag warna hitam) sampai terlihat hanya tanamannya saja, untuk mencegah tumbuhnya lumut pada hydrogel karena terkena cahaya matahari langsung. Lalu letakkan gelas di tempat yang terkena cahaya matahari pada pagi hari. Langkah ini sangat baik untuk dilakukan 1 sampai 2 minggu sekali ataupun sebulan sekali. Untuk mengganti cahaya matahari, dapat menggunakan lampu neon dengan daya minimal 10 watt
4. Jika akar tanaman membusuk, segera keluarkan tanaman dari hydrogel, kemudian buang akar yang membusuk. Cucilah tanaman dan bilas sampai bersih, saring sampai tiris

5. Pemupukan dapat diberikan 3 sampai 6 bulan sekali atau jika tanaman terlihat kekurangan zat hara padahal cahaya matahari mencukupi. Pemupukan dilakukan dengan menyemprotkan pupuk daun menggunakan handsprayer.. Pupuk yang dapat digunakan misalnya gandasil, hyponex, forest, dan sejenisnya, dengan dosis sesuai label pada kemasan. Bisa didapatkan di toko-toko pertanian.

6. Agar tanaman tetap segar, sebaiknya diletakkan dalam ruangan dengan temperatur sejuk (tidak pengap).  

Pemindahan Tanaman
1. Siramlah dahulu pot tanaman sehingga tanaman mudah dicabut
2. Angkatlah tanaman dari pot secara hati-hati agar tidak banyak akar yang rusak
3. Rendam tanaman dalam air selama + 1 jam supaya tanah mudah dibersihkan dari akar
4. Cucilah semua bagian tanaman dengan air bersih sampai seluruh daun, batang, dan perakarannya bersih. Perakaran yang terlalu panjang dapat dipotong
5. Simpan tanaman dalam wadah berisi air selama semalam supaya tanaman dapat beradaptasi
6. Setelah diadaptasikan, buanglah akar yang rusak, patah, atau membusuk. Kemudian tanaman dicuci sekali lagi.
7. Tanaman harus benar-benar bersih dari tanah karena tanah dapat membuat rusak hydrogel dan menjadikan hydrogel mudah ditumbuhi lumut
8. Tanaman siap untuk dimasukkan ke dalam media hydrogel. Pertama-tama masukkan hydrogel sebagian, kira-kira seperempat volume gelas), kemudian masukkan tanaman, lalu masukkan hydrogel sisanya sampai semua akar tertutup.
  

Beberapa sebab utama kegagalan menanam dengan hydrogel, yang mengakibatkan tanaman layu/mati:
1. Ruangan yang kurang sejuk, (pengap/panas & terlalu lembab). Tak ada pantulan sinar. Terhambatnya aliran udara.

2. Penirisan hydrogel kurang dari 30 menit, menyebabkan genangan air berlebih yang membuat akar jadi busuk.

3. Akar terlalu banyak dipotong. Sebaiknya akar disesuaikan dengan kondisi vas, tidak terlampau padat.

                   
        T anaman yang akan ditanam dalam hydrogel harus mempunyai karakteristik sebagai berikut: tahan genangan (kadar air berlebih), tahan kelembaban tinggi, tanaman indoor (yang dapat hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung), serta umumnya tidak berkayu dan tidak berbunga. Jika Anda telah mendapatkan keasyikan menanam dengan cara ini tentu anda akan terus mencoba dengan berbagai jenis tanaman lain yang sesuai.
                   Pembungaan membutuhkan cahaya yang besar, sedangkan cahaya yang demikian akan membuat hydrogel berlumut. Tanaman seperti kaktus, mawar, anggrek, beringin, kenanga, melati, palem, tidak dapat ditanam dalam hydrogel. Tanaman seperti teratai, eceng gondok, dan yang sejenis, juga tidak cocok ditanam dengan hydrogel karena membutuhkan supply air yang sangat tinggi dan butuh cahaya matahari langsung.

               Jenis-jenis tanaman yang sampai saat ini bisa ditanam dalam hydrogel, adalah:
Aglaonema sp,Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah),Diffenbachia sp,Philodendron sp,Dracaena sp (bambu china, bambu jepang),Scidapsus sp (sirih belanda),Syngonium sp,Spathiphyllum sp,Cyperus sp (rumput payung),Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang),Monsteradeciliosa (Philodendron berdaun belah),rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih di sisi daun dan ber-umbi),bambu rejeki,sansiviera,sirih hias,sri rejeki, serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung
Untuk informasi lebih lanjut bisa masukkan komentar   di blog ini atau kirim email ke Banx2sathos@yahoo.com

79 thoughts on “Hydro gel

  1. Pada intinya Tanaman yang bisa ditanam ditanam dalam hydrogel harus mempunyai karakteristik sebagai berikut:
    Tahan genangan (tahan kadar air berlebih)
    Tahan kelembaban yang tinggi
    Umumnya tidak berkayu
    Tanaman indoor (tanaman dalam ruangan ) sehingga bisa hidup dengan cahaya pantulan atau cahaya tidak langsung.
    Umumnya tanaman tidak berbunga, karena pembungaan membutuhkan suplai cahaya yang besar sedangkan cahaya yang besar menyebabkan hydrogel berlumut
    Tanaman harus benar benar bersih dari tanah karena tanah dapat merusak hidrogel juga tanah dapat membuat hidroigel ditumbuhi lumut.

    Hyddogel juga bisa ditanami tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung. Tujuan penanaman ini bukan untuk budidaya terapi hanya sebagai jiasan semata. Tanaman tersebut ditumbuhkan dahulu dalam arang sekam setelah berumur sebulan (atau jika sudah besar) kemudian pindahkan kedalam hydrogel. Cara pemindahan sama dengan pemindahan tanaman hias.
    rgds

  2. Mau donk bisnis hidrogel…lumayan to jajan.Mo ngembangin jg di rumah nt klo pulang,coz disana blum ada tuh yg namaya hidrogel. Skalian kirimin daftar hargany,biar bisa nentuin berapa jualny???Truz cara pesennya gimana??n pembayarannya cash ato boleh dicicil nihhh?makhlum mahasiswa..,,he. harganya jg harus kantong mahasiswa yaa…thaks.Oy,,lbih mudah cara pesannya minta nomor HP/telp yang bisa dihubungi,OOKK.Mohon infonya segera kirm z k email q pum_ah@yahoo.co.id

  3. mas mau tanya? hydro gel yang dijual dipasaran itu bahan dasarnya dari apa?,trus kira2 kandungan nutrisinya apa aja? coz ku tertarik banget n mau ku jadikan bahan skripsiku..jadi mohon bantuannya.

  4. mau tanya dong, cara bikin hydro gel ama bahan2 nya apa aja yah? kalau boleh tolong di email ya…
    penting banget soalnya… trims…

  5. 1. Dimana kami bisa mendapatkan media Hydrogel dengan kuantitas yang banyak? Apakah Bapak mengetahui suppliernya? Jika iya, mohon untuk diinformasikan kepada kami

    2. Bagaimana komposisi campuran Hydrogel jika kami hendak menggunakan media Hydrogel dicampurkan dengan tanah subur?

  6. Estetic Plant menjual produk hydrogel bulat besar & kecil (grosir & eceran), tanaman hydrogel & bio souvenir. 021 99279904

  7. 1 Persyaratan menjadi agen apa aja?
    2 Daftar harga dan jenis hydrogel (gambar2.jpg) mohon di-email-kan ke alamat email saya

  8. 1 Persyaratan menjadi agen apa aja?
    2 Daftar harga dan jenis hydrogel (gambar2.jpg) mohon di-email-kan ke alamat email saya

  9. Mau dong informasi tentang hydrogel, kandungan unsur hara, bagaimana memperolehnya, terbuat dari apa n bagaimana pembuatannya n bagai mana penggunaannya. Tolong di emailkan ya mas.

  10. 1.di semarang ada ga yang jual hidrogel?
    2.harganya berapa? dan macamnya apa saja?
    3.ketentuan untuk menjadi agen gmn?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s